Selamat Datang Dan Silahkan Pilih Informasi Yang Anda Inginkan

Kamis, 12 Juli 2012

CARA TEPAT GEMUKKAN BADAN

CARA TEPAT GEMUKKAN BADAN

Jjika kita perhatikan, tubuh manusia memiliki type yang berbeda-beda. Ada yang bertype tubuh kurus dan sulit untuk menambah berat badan. Ada juga yang memiliki tubuh gemuk dan sulit untuk menurunkan berat badan. Untuk itu, ada baiknya bila kita mengetehui terlebih dahulu macam-macam type tubuh manusia. Seara umum, tubuh manusia dapat dikatagorikan dalam 3 type yang berbeda, yaitu:

 1. Ectomorph
Pemilik tubuh ectomorph cenderung memiliki struktur tulang yang kecil dan memiliki sedikit masa otot. Type tubuh ini biasanya dimiliki oleh orang-orang bertubuh kurus, dan mereka cenderung mengalami hambatan ketika ingin menambah berat badan.


 2. Mesomorph
Tubuh mesomorph memiliki tubuh yang lebih besar dan lebih mudah membentuk otot, sekalipun mereka tidak melakukan latihan khusus Type tubuh ini juga memiliki berat badan yang ideal, tidak gemuk dan tidak kurus. Dapat membentuk otot dengan mudah dan dapat menurunkan berat badan dengan mudah pula

3. Endomorph
Type tubuh ini memiliki persentase lemak lebih banyak, yang terakumulasi didaerah tertentu tubuh. Berbeda dengan type ectomorph yang sulit menambah berat badan. type tubuh ini cenderung lebih mudah menambah berat badan.

Nah, jika anda memiliki type tubuh ectomorph yang cenderung kurus dan sulit menambah berat badan, maka yang perlu anda ketahui adalah bahwa type tubuh ini tidak bisa menyimpan lemak ditubuh dalam waktu lama. Karena itu, seseorang dengan type tubuh kurus tidak akan berhasil menambah berat badannya dengan cara makan dalam jumlah banyak, berupa makanan yang berkarbohidrat dan berlemak tinggi, seperti junk food dan sebagainya.
Ini hanya akan menyebabkan meningkatnya timbunan lemak dalam tubuh. Karena type tubuh kurus tidak bisa menyimpan lemak dalam jumlah banyak, maka berat badan akan turun lagi, dan akhirnya berat badan tidak naik- naik, meski sudah banyak makan.


CARA SEHAT MENAMBAH BERAT BADAN

Kenaikan berat badan pada dasarnya disebabkan oleh dua hal, yaitu naiknya jumlah lemak atau naiknya jumlah otot dalam tubuh. Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, adalah menambah massa otot dan lemak secara seimbang. Menaikkan berat badan dengan menambah lemak saja akan membuat bentuk tubuh menjadi buncit dan jelek. Karena itu kita juga harus meningkatkan massa otot agar bentuk tubuh menjadi lebih padat berisi.

Berikut ini kunci untuk menambah berat badan.secara efektif:

1. Mengatur pola makan
Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengatur pola makan. Konsumsilah karbohidrat baik, protein dan lemak baik untuk mmembantu menambah berat badan. Karbohidrat menghasilkan kalori sebagai sumber energi bagi tubuh utuk menjalankan aktifitas.
Setelah meningkatkan asupan karbohidrat, selanjutnya adalah menambah asupan protein dalam tubuh. Protein diperlukan tubuh untuk pembentukan otot bebas lemak dan mempercepat pemulihan dan daya tahantubuh anda. Anda bisa mendapatkan sumber protein dari daging ayam, ikan, steak sapi tanpa lemak, telur, ataupun protein shake. Selain kedua nutrisi tersebut, satu lagi nutrisi yang tak kalah penting untuk menambah berat badan bagi pemilik type tubuh ectomorph, yaitu lemak. Lemak sering kali dianggap remeh dan bahkan bagi sebagian orang sama sekali tidak mengkonsumsi lemak, karena takut gemuk. Padahal sebenarnya lemak tetap diperlukan tubuh untuk melumasi sel-sel dalam tubuh, menjaga kesehatan rambut, dan yang paling penting bagi ectomorph adalah lemak berperan mengatur kadar testosteron, hormon yang berfungsi dalam pertumbuhan otot. Tapi pilihlah lemak baik, seperti omega 3, yang bisa anda temukan pada ikan salmon, buah alpukat, kacang-kacangan, dan telur Selain itu, pastikan asupan vitamin dan mineral anda mencukupi kebutuhan harian anda. Ini keharusan jika anda inginmenambah berat badan. Sebab vitamin B sangat membantu untuk mencerna nutrisi yang anda makan. Akan percuma makan banyak makanan tapi tubuh tidak bisa mencerna dengan baik.

2. Berolah raga
Untuk mendapatkan bentuk tubuh lebih ideal, pemilik tubuh type ectomorph sebaiknya melakukan jenis latihan yang bertujuan untuk menambah massa otot, seperti angkat beban.
Sebab latihan beban menambah massa otot yang lebih berat dari lemak, sehingga jika ada penambahan massa otot, terjadi pula penambahan berat badan.
Selain itu, penambahan massa otot juga akan memperbaiki postur tubuh, sehingga tubuhpun tertlihat lebih padat berisi. Kita tidak ingin mendapatkan kenaikan 10 kilo gram berat badan dari lemak, sehingga membuat kita tampak buncit dan berlemak dimana-mana, kan?
Sebab selain tidak sehat, kenaikan berat badan yang disebabkan oleh bertambahnya lemak tidak akan membuat tubuh tampak bagus.
Selain berlatih dan mengatur pola makan, anda wajib menjaga jam tidur anda. Tidur cukup dapat membantu otot tumbuh dan berkembang lebih optimal. Tidurlah setidaknya 7-8 jam dimalam hari.

Demikian tips untuk kesempatan kali ini. Semoga dapat berguna bagi anda dan orang lain

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar